Kamis, 05 Januari 2012

"Sradha dan bhakti"

 
 
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada tiang untuk menyampaikan sepatah kata dharma pada persembahyangan ini. Sebelum tiang lanjut, sambutlah pangenjali umat dari tiang OM SVASTIYASTU.
Ide pinandite yang tiang sucikan, Bapak PHD Desa Sari Bhuana yang tiang hormati beserta umat sedharma yang tiang hormati pula. Pada kesempatan ini tiang akan menyampaikan sepatah kata dharma yang berjudul  “Sradha dan Bhakti”. Tiang berdiri disini bukan untuk menggurui umat sedharma melaikan hanya ingin mengingatkan kembali apa yang umat sedarma ketahui tentang Sradha dan Bhakti.
Umat sedhrma dalam kasih Ide Sang Hyang Widhi Wase, sebelum tiang menyampaikan lebih lanjut tentang sradha dan bhakti terlebih dahulu tiang sampaikan pengertian sradha dan bhakti. Sradha yang artinya keyakinan sedangkan bhakti artinya kesetiaan atau rasa cinta. Jadi sradha dan bhakti dapat diartikan keyakinan dan kecintaan kita terhadap Ide Sang Hyang Widhi Wase.
Umat sedarma dalam kasih ide sang hyang widi wase, sebagai umat hindu kita wajib menunjukan sradha dan bhakti kita kepada ide sang hyang widi wase dengan melalui 3 jalan yang ada dalam diri kita, yaitu:
a.     Jnana yoga yang berarti pikiran (ilmu pemgrtahuan)
Tingkatan kesadaran manusia dalam pikiran yang akan menghasilkan penerangan jiwa yang paling utama terdapat dalam diri kita sendiri .jnana dan pikiran sangat berpengaruh terhadap tingkah laku kita dalam kehidupan sehari –hari . Begitu pula terhadap ide Sang Hyang Widhi Wase kita selalu berpikir yang baik dengan memasrahkan diri kepada-Nya untuk satu tujuan yaitu moksa.
b.     Bhakti yoga yang berarti keyakinan kita terhadap ide Sang Hyang Widhi Wase
Kita sebagai umat hindu harus yakin bahwa Ide Sang Hyang Widi Wase lah yang menciptakan dunia ini beserta isinya, yang memberikan kehidupan,menjaga serta memberikan kita rejeki, salah satu cara kita mendekatkan diri kehadapan Ide Sang Hyang Widi Wase melalui keyakinan dengan melakukan pemujaan-pemujaan terhadap para dewa sebagai manifestasi Ide Sang Hyang Widi Wase.
c.      Karma Yoga yang berarti kerja atau pelayanan
Kerja atau pelayanan yang dimaksud disini yaitu perbuatan kita yang mencerminkan sujud bhakti kehadapan Ide Sang Hyang Widhi Wase baik yang berupa harta benda yang kita miliki maupun berupa yajna  melalui ritual keagamaan.bagi umat hindu orang yang dharma itu adalah orang yang mau bekerja keras  atau pekerjaan yang halal tanpa mementingkan hasil  atau bekerja tanpa pamrih.
Umat sedharma dalam kasih Ide Sang Hyang Widhi Wase, mungkin hanya demikian sepatah kata dharma yang dapat saya berikan pada kesempatan ini. Saya minta maaf yang sebesar-besarnya bilamana dalam penyampaian sepatah kata dharma tadi terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati umat sedharma dan kesalahan-kesalahan baik yang disengaja atau pun yang tidak di sengaja, karena saya masih dalam proses belajar dan saya tutup dengan parame santi “OM SANTHI, SANTHI, SANTHI OM”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar