Sabtu, 07 Januari 2012

Faktor Penyebab Siswa Alpa Sekolah


a.      Lambat  Bangun
Lambat bangun merupakan suatu faktor yang bisa menyebabkan siswa malas sekolah/alpa. Jika seseorang mengalami lambat bangun maka ia akan merasa malas untuk sekolah karena pasti terlambat datang di sekolah.
b.      Belum Mengerjakan PR
PR (pekerjaan rumah) merupakan tugas yang di berikan oleh guru di sekolah dan dikerjakan di rumah. PR wajib dikerjakan oleh siswa sebagai tugas evaluasi dari pemahaman materi yang telah dibahas sebelumnya.
c.         Sedikit Sakit
Siswa tidak masuk sekolah dapat dipengaruhi oleh keadaan fisik misalnya sakit. Jika seorang sakit dan tidak ada keterangan maka disebut alpa.
d.      Masalah Dengan Guru
Hubungan yang harmonis antara siswa dengan guru sangat penting. Guru bagaikan orang tua siswa saat di sekolah. Jika siswa mempunyai masalah dengan gurunya maka ia pasti akan malas untuk sekolah.
e.        Masalah Dengan Orang Tua
Hubungan antara siswa dengan orang tuanya juga dapat berpengaruh pada kehadiran siswa di sekolah. Jika siswa mengalami suatu masalah dengan orang tuanya maka siswa bisa malas untuk sekolah.
f.        Masalah Dengan Teman
Selain hubungan antara siswa dengan guru dan orang tua, hubungan siswa dengan temannya juga dapat berpengaruh pada kehadiran siswa di sekolah.
g.      Cuaca
Cuaca merupakan salah satu faktor penyebab siswa malas sekolah. Jika musim hujan maka banyak siswa yang malas sekolah karena harus pergi ke sekolah dengan payung. Jika siswa tidak mempunyai payung maka ia akan malas untuk  masuk sekolah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar