Sabtu, 07 Januari 2012

MOTIVASI BELAJAR


A.    Pengertian motivasi belajar
           Motivasi belajar dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak didalan diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah kegitan belajar, sehingga tujuan belajar itu dapat tercapai. Dikatakan keseluruhan”, karena bukan hanya motif yang menggerakan siswa untuk belajar. Banyak para ahli yang mengemukakan pengertian motivasi dari berbagai sudut pandang mereka masing-masing hal ini jelas dari batasan-batasan atau definisi yang dikemukakan: Sudirman,(2003:75) mengatakan bahwa motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis bersifat non intelektual sedangkan  menurut Hull (dalam suciati 2004:33) Motivasi belajar adalah dorongan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan agar tetap hidup. Dorongan inilah yang menggerahkan dan menggarahkan perhatian, perasaan, dan perilaku seseorang. Selanjutnya mennurut M. Daliyono (dalam syaiful bahari Djanarah  (2002:101)  Bahwa motivasi belajar merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan aktifitas belajar
           Berdasarkan penekanan tentang definisi motivasi belajar yang dikemukakan para ahli dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan serangkaian usaha yang berproses di dalam diri siswa sebagai faktor psikis yang bersifat non intelektual yang berperan menumbuhkan semangat belajar siswa untuk melakukan aktifitas belajar dengan senang hati sebagai bentuk suatu nilai yang dapat mengarahkan pada hasrat dan tanggung jawab.

B.     Jenis-jenis motivasi belajar
           Menurut Syaiful Bahri Djamanah (2002:115) pada dua macam motivasi dalam belajar yaitu:
1.      Motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi atau yang berfunsinya tidak perlu dirangsang dari luar karena dari setiap diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.
2.      Motivasi Ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang dari luar.

C.    Bentuk-bentuk motivasi dalam belajar
Dalam proses interaksi belajar mengajar, baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik sangat diperlukan, bila ada di antara siswa yang kurang berminat mengikuti pelajaran dalam jangka waktu tertentu . peranan motivasi ekstrinsik cukup besar untuk membimbing siswa dalam belajar. Untuk itu seorang guru memamfaatkan motivasi ekstrinsik untuk meningkatkan minat siswa agar bergairah dalam belajar. Sehingga siswa menpunyai motivasi belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar