Senin, 30 April 2012

SATUAN LAYANAN BK




A.    Judul Layanan    :    Pokok-pokok ajaran agama
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan (1)    :    Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
E.    Kompetensi Dasar    :    1.1. Meyakini kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya
F.    Kompetensi pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya
G.    Fungsi Layanan    :    Pemeliharaan dan pengembangan
H.    Tujuan Layanan    :   
Siswa dapat meyakini dan mengembangkan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Kegiatan awal
-    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-    Siswa dibagi atas beberapa kelompok sesuai dengan agama yang dinutnya
-    Setiap kelompok melakukan tanya jawab tentang pokok-pokok ajaran agama yang dianutnya
2.    Kegiatan inti
-    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya
3.    Kegiatan akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Kaidah-kaidah ajaran agama
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, Diskusi kelompok
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
- Guru mata pelajaran agama selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian    :    - Melihat antusias/respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
- Siswa membuat buku laporan tentang hal-hal yang ia laksanakan sesuai dengan pokok-pokok ajaran agama yang diketahui dan ditandatangani oleh orangtuanya
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -





Mengetahui        Palu, ………………… 2012
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



                 I Wayan Sudama
NIP.   


SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Implementasi pokok-pokok ajaran agama dalam kehidupan sosial
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan (1)    :    Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriaman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
E.    Kompetensi Dasar    :    1.2. Praktik hubungan sosial berdasarkan ajaran agama
F.    Kompetensi pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan praktek hubungan sosial berdasarkan ajaran agama
G.    Fungsi Layanan    :    Pemeliharaan dan pengembangan
H.    Tujuan Layanan    :   
Siswa dapat mempraktikkan hubungan sosial berdasarkan ajaran agama
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Kegiatan awal
-    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Kegiatan inti
-    Siswa mensimulasikan salah satu kegiatan kemasyarakatan
3.    Kegiatan akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksikan materi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Contoh-contoh pokok ajaran agama yang dianutnya
K.    Metode Kegiatan        : Ceramah, Pemberian tugas
L.    Tempat Penyenggaraan Lay.     : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Guru mata pelajaran agama dan PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian    :    - Melihat antusias/respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    : Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -





Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   








SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Implementasi pokok-pokok ajaran agama dalam kegiatan belajar
B.    Bidang Bimbingan    :    Belajar
C.    Jenis Layanan    :    Pembelajaran
D.    Tugas Perkembangan (1)    :    Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriaman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
E.    Kompetensi Dasar    :    1.3. Mewujudkan kegiatan belajar sesuai kaidah-kaidah ajaran agama
F.    Kompetensi pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan kaidah-kaidah ajaran agama dalam kegiatan belajar
G.    Fungsi Layanan    :    Pemeliharaan dan pengembangan
H.    Tujuan Layanan    :   
Siswa dapat mempraktikkan kegiatan belajar sesuai kaidah-kaidah ajaran agama
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Kegiatan awal
-    Guru memberikan pandangan umum tentanng hubungan aktivitas termasuk kegiatan belajar dengan kaidah-kaidah ajaran agama
2.    Kegiatan inti
-    Siswa duduk berkelompok sesuai dengan agama yang dinutnya
-    Setiap kelompok memperagakan “berdo’a sebelum kegiatan belajar dimulai”
-    Setiap kelompok memperagakan ”berdo’a setelah kegiatan belajar selesai”
3.    Kegiatan akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap materi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Pokok-pokok ajaran agama yang dianutnya
K.    Metode Kegiatan            : Ceramah, Diskusi kelompok
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan        :    1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester        :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran        :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan            : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
- Guru mata pelajaran agama selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian    :    - Melihat antusias/respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
- Siswa membuat buku laporan tentang hal-hal yang ia laksanakan sesuai dengan pokok-pokok ajaran agama yang diketahui dan ditandatangani oleh orangtuanya
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -





Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   



SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Sikap yang harus diambil dalam menghadapi perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan (2)    :    Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
E.    Kompetensi Dasar    :    2.1. Menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada perkembangan dirinya
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan sikap penerimaan terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada perkembangan diri sendiri
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman dan pencegahan
H.    Tujuan Layanan    :   
Siswa dapat menerima perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada perkembangan diri sendiri
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan perubahan fisik dan psikis pada diri setiap individu
2.    Memberi contoh sikap yang harus dilakukan dalam menghadapi perubahan fisik dan psikis yang terjadi
3.    Guru dan siswa merefleksi materi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.  Ciri-ciri perubahan fisik dan psikis pada diri sendiri
3.  Fase-fase perkembangan fisik dan psikis
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, Tanya jawab
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
- Guru mata pelajaran Biologi dan Penjaskes selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    : Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -







Mengetahui                                                                                            Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Bimbingan dan Konseling



                                                                                                                    I WAYAN SUDAMA






SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Bersikap empati terhadap orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan (2)    :    Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
E.    Kompetensi Dasar    :    2.2. Memahami dan bersikap empati/simpati terhadap orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan empati/simpati terhadap orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman dan pengembangan
H.    Tujuan Layanan    :   
Siswa dapat mengembangkan sikap empati/simpati terhadap orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa memberi contoh bagaimana bersikap empati/simpati kepada orang lain yang sedang mengalami perbahan fisik dan psikis
3.    Guru dan siswa merefleksi materi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.  Contoh sikap empati/simpati kepada orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
K.    Metode Kegiatan    : Penugasan, Diskusi kelompok
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
- Guru mata pelajaran Biologi dan Penjaskes selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian    : Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    : Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -







Mengetahui                                                                                         Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,                                                                                 Guru Bimbingan dan Konseling



                                                                                                                   I WAYAN SUDAMA






SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Pola-pola hubungan sosial teman sebaya dalam peran pribadinya sebagai pria atau wanita
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan (3)    :    Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita
E.    Kompetensi Dasar    :    3.1. Menerima peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria/wanita
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria/wanita
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman dan pencegahan
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1. Memahami pengembangan peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria/wanita
2. Memahami peran dan tugas sebagai pria/wanita
3. Memahami peran dan tugas sebagai pria/wanita dalam kegiatan ekstrakurikuler
4. Mencegah terjadinya hal-hal yang bersifat negatif pada dirinya
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Menjelaskan tugas dan peran sebagai pria/wanita
3.    Menjelaskan peran dan tugas sebagai pria/wanita dalam kegiatan ekstrakurikuler
4.    Menempatkan siswa pada kegiatan pilihannya
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.  Tugas dan peran sebagai pria/wanita
3.  Peran dan tugas sebagai pria/wanita dalam kegiatan ekstrakurikuler
K.    Metode Kegiatan        : Ceramah, Tanya jawab, penugasan
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.        : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.        : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester        :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran        :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan        : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
-    Wakasek urusan kesiswaan selaku nara sumber
-    Pembina OSIS, Pramuka, Olahraga dan PMR
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    Chart
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    : Laiseg
R.    Catatan Khusus    :    -







Mengetahui                                                                                            Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,                                                                                    Guru Bimbingan dan Konseling

                                                                                                                     
    I WAYAN SUDAMA   




SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Pola hubungan sosial teman sebaya pada remaja sebagai pria/wanita
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Penempatan/penyaluran
D.    Tugas Perkembangan (3)    :    Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita
E.    Kompetensi Dasar    :    3.2. Mampu menjalin hubungan sosial dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria/wanita
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan hubungan sosial dengan teman sebaya dalam perannya sebagai pria/wanita
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1. Memahami arti hubungan sosial
2. Memahami pola hubungan sosial antara pria dan wanita
3. Memahami contoh-contoh hubungan sosial
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Memberikan informasi tentang arti hubungan sosial
3.    Memberikan informasi tentang pola hubungan sosial antara pria dan wanita
4.    Memberikan informasi tentang contoh-contoh hubungan sosial
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.  Arti hubungan sosial
3.  Pola hubungan sosial antara pria dan wanita
4.  Contoh-contoh hubungan sosial
K.    Metode Kegiatan    : Bermain peran, penugasan
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
-    Wali kelas selaku nara sumber
-    Guru mata pelajaran PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian    : Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    : Laiseg
R.    Catatan Khusus    :    -







Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   

SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif dalam hubungannya dengan teman sebaya
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan (3)    :    Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita
E.    Kompetensi Dasar    :    3.3. Mewujudkan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif dalam hubungan dengan teman sebaya
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan pengaruh positif dan menghindari pengaruh negatif dalam hubungan dengan teman sebaya
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1. Memahami arti positif terhadap pengaruh dalam hubungan dengan teman sebaya
2. Memahami manfaat pengaruh positif dalam berhubungan dengan teman sebaya
3. Memahami cara menghindari pengaruh negatif hubungan dengan teman sebaya
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.     Menjelaskan tujuan layanan
2.    Memberikan pemahaman tentang konsep perwujudan pengaruh positif dari teman sebaya
3.    Memberikan informasi tentang contoh-contoh yang positif pengaruh teman sebaya
4.    Memberikan informasi agar siswa memiliki kemampuan menghindari pengaruh negatif yang kemungkinan terjadi sebagai akibat dari pergaulan dengan teman sebaya
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Konsep perwujudan pengaruh positif dari teman sebaya terhadap kegiatan belajar
3.  Contoh-contoh yang positif pengaruh teman sebaya terhadap kegiatan belajar
4. Contoh-contoh pengaruh negatif hubungan dengan teman dengan sebaya
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, penugasan
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    : Ruang kelas
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
- Guru mata pelajaran Agama dan PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :   
Q.    Rencana Penilaian        : Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian            : Laijapen
R.    Catatan Khusus        : -







Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   


SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Nilai dan cara bertingkah laku pribadi dalam kehidupan yang lebih luas
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan (4)    :    Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
E.    Kompetensi Dasar    :    4.1. Menerapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
F.    Kompetensi pengemb Diri    :    Mampu mengembangkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat :
1.    Mengetahui dan memahami nilai-nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
2.    Mengetahui dan memahami cara bertingkah laku yang positif dalam kehidupan sehari-hari
3.    Mengetahui dan memahami keadaan kepribadian yang baik yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
4.    Memberikan contoh kepribadian yang baik dan terpuji dalam masyarakat
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.   Menjelaskan tujuan layanan
2.    Memberikan informasi tentang nilai-nilai dan cara bertingkah laku pribadi yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
3.    Memberikan informasi tentang cara berperilaku positif dalam kehidupan sehari-hari
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Nilai-nilai pribadi yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
3.    Cara berperilaku pribadi yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas
4.    Contoh-contoh kepribadian yang baik
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    : Ruang kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    : I (Genap)
Tahun Pelajaran    : 200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Wali kelas selaku nara sumber
2.    Guru mata pelajaran agama dan PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    -
Q.    Rencana Penilaian    : Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    :     Laijapen
R.    Catatan Khusus    : -






Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   

SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    : Pengembangan bakat, minat dan kemampuan dalam kehidupan pribadi dan keluarga
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Penyaluran/Penempatan
D.    Tugas Perkembangan (5)    :    Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
E.    Kompetensi Dasar    :    5.1. Memiliki kemampuan bakat, minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
F.    Kompetensi pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan kemampuan bakat, minay yang dimiliki dalam kehidupan pribadi dan keluarga
G.        Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengidentifikasi kemampuan yang dimilikinya
2.    Mengidentifikasi bakat yang dimilikinya
5.    Mengidentifikasi minat yang dimilikinya
6.    Mengidentifikasi karir yang dimilikinya
7.    Mengidentifikasi apresiasi seni yang dimilikinya
I.    Sasaran Layanan        :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Mengidentifikasi bakat yang dimiliki siswa
3.    Mengidentifikasi minat yang dimiliki siswa
4.    Mengidentifikasi karir yang dimiliki siswa
5.    Mengidentifikasi apresiasi seni yang dimiliki siswa
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Bakat siswa
3.    Minat siswa
4.    Karir siswa
5.    Apresiasi seni siswa
K.    Metode Kegiatan    : Pemberian tugas, ceramah, Tanya jawab
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     : Ruang kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    : 1 x 40’ (1 x pertemuan)
    Semester    :    I (Genap)
    Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Pembina OSIS, Pramuka, PMR
2.    Guru mata pelajaran agama Kesenian
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat antusias/respons siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    :    Laiseg
R.    Catatan Khusus    :    -


Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling



H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   



SATUAN  LAYANAN  BK

A.    Judul Layanan    :    Pengembangan bakat, minat dan kemampuan dalam kehidupan yang dimiliki dalam berbagai kegiatan sosial
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan (5)    :    Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
E.    Kompetensi Dasar    :    5.2. Memiliki kemampuan bakat, minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
F.    Kompetensi Pengem. Diri    :    Mampu mengembangkan kemampuan bakat, minat yang dimiliki dalam berbagai kegiatan sosial
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki dalam berbagai kegiatan sosial
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Menjelaskan tentang aspek-aspek sosial dalam mengembangkan bakat, minat dan kemampuan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Aspek-aspek sosial dalam mengembangkan bakat, minat dan kemampuan
K.    Metode Kegiatan    : Pemberian tugas, ceramah, Tanya jawab
L.    Tempat Penyelenggaraan Layanan     :    Ruang kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Layanan    :     1 x 40’ (1 x pertemuan)
    Semester        :     I (Genap)
    Tahun Pelajaran        :     200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    : Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Kepala Sekolah selaku penanggung jawab/koordinator BK
2.    Orangtua selaku nara sumber
3.    Tokoh masyarakat selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    -
Q.    Rencana Penilaian    : Melihat antusias/respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    :     Laijapen
R.    Catatan Khusus    :    -




Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling


H. Tjipto Lahanto, S.S.    Erik Sardi, S.Pd
NIP. 19570503 197803 1 012   









SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Pengembangan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki dalam bidang karir
B.    Bidang Bimbingan    :    Karir
C.    Jenis Layanan    :    Penempatan/Penyaluran
D.    Tugas Perkembangan (5)    :    Mengenal kemampuan bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
E.    Kompetensi Dasar    :    5.3. Memiliki kemampuan bakat, minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
F.    Kompetensi Pengem. Diri    :    Mampu mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan di bidang karir
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat :
Mengembangkan bakat, minat dan kemampuan sendiri terhadap pilihan karir
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Mengidentifikasi kemampuan sendiri terhadap pilihan karir
3.    Mengidentifikasi bakat sendiri terhadap pilihan karir
4.    Mengidentifikasi minat sendiri terhadap pilihan karir
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan
2.    Kemampuan sendiri terhadap pilihan karir
        3.  Bakat sendiri terhadap pilihan karir
4.  Minat sendiri terhadap pilihan karir
K.    Metode Kegiatan    : Pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruang kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :     1 x 40’ (1 x pertemuan)
Semester    :     II (Genap)
Tahun Pelajaran    :     200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )    
O.    Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Pembina OSIS
2.    Wali kelas
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :    Chart, lembar observasi
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat antusias/respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    :      Laiseg
R.    Catatan Khusus    :    -






Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling








SATUAN  LAYANAN  BK

A.    Judul Layanan    :    Motivasi dan semangat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Penyaluran/Penempatan
D.    Tugas Perkembangan     :    6. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
E.    Kompetensi Dasar    :    6.1. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman/Pengentasan
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
5.    Memahami dan mengerti arti motivasi
6.    Memahami dan mengerti motivasi yang ada pada dirinya
7.    Memahami dan mengetahui faktor-faktor yang memotivasi untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
8.    Memiliki motivasi dan semangat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat tentang motivasi yang dimiliki untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Siswa bersama konselor membuat kesimpulan
6.    Konselor memberikan suatu pemahaman bahwa setiap siswa harus memiliki motivasi dan semangat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Pengertian motivasi
3.    Faktor-faktor yang memotivasi untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
4.    Motivasi dan semangat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi program sekolah
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, diskusi, tanya jawab
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.    :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab dan koord. BK
2.    Pembina OSIS dan pembina kegiatan Ekstrakurikuler
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
    Teknik Penilaian    :    Laiseg
R.    Catatan Khusus    :

Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,        Guru Bimbingan dan Konseling,


   
SATUAN  LAYANAN  BK

A.    Judul Layanan    :    Motivasi untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
B.    Bidang Bimbingan    :    Karir
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan     :    6. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
E.    Kompetensi Dasar    :    6.2. Memiliki kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui dan memahami tujuan layanan
2.    Mengetahui dan memahami pengertian motivasi
3.    Memahami berbagai motivasi untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
4.    Memahami pentingnya motivasi dan semangat untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Menjelaskan pengertian motivasi
3.    Memberikan informasi tentang berbagai motivasi untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
4.    Memberikan informasi tentang pentingnya motivasi dan semangat untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Pengertian motivasi
3.    Berbagai motivasi untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
4.    Pentingnya motivasi dan semangat untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, tanya jawab
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40 menit
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :





Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,


 
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Perwujudan aspek social dari upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial dan Belajar
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    6. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
E.    Kompetensi Dasar    :    6.3. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek social dari upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mewujudkan aspek sosial dalam upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
2.    Memanfaatkan aspek sosial untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat tentang aspek-aspek sosial dan pemanfaatannya dalam upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Cara mewujudkan aspek sosial dalam upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
3.    Cara memanfaatkan aspek sosial untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
K.    Metode Kegiatan    : Tanya jawab, Diskusi kelompok
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen, Laiseg
R.    Catatan Khusus    :




Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,

 
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Perwujudan aspek sosial dalam mempersiapkan diri dalam karir
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    6. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat
E.    Kompetensi Dasar    :    6.4. Memahami dan mewujudkan aspek-aspek dalam mempersiapkan diri dalam karir
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan perwujudan aspek sosial dalam mempersiapkan diri dalam karir
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman/pencegahan
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mewujudkan pengembangan pemanfaatan aspek sosial dalam mempersiapkan diri dalam karir
2.    Memanfaatkan aspek sosial untuk mempersiapkan diri dalam karir
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat tentang aspek-aspek sosial dan pemanfaatannya untuk mempersiapkan diri dalam karir
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Cara mewujudkan dan mengembangkan aspek sosial dalam mempersiapkan diri dalam karir
3.    Cara memanfaatkan aspek sosial untuk mempersiapkan diri dalam karir
K.    Metode Kegiatan    : Tanya jawab, Diskusi kelompok
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40 menit
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya :
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen, Laiseg
R.    Catatan Khusus    :





Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,



  
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Informasi
D.    Tugas Perkembangan     :    7. Mengenal gambaran dan pengembangan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
E.    Kompetensi Dasar    :    7.1. Memiliki gambaran tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan gambaran tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui dan memahami konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
2.    Memiliki konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Memberikan informasi tentang konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
3.    Memberikan pemahaman pada siswa agar memiliki konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Konsep kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40 menit
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :







Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,





SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Sikap sosial dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kegiatan belajar
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    7. Mengenal gambaran dan pengembangan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
E.    Kompetensi Dasar    :    7.2. Mewujudkan sikap sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan sikap sosial dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman dan pencegahan
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui dan memahami sikap sosial dalam hubungan sosial berkenaan dengan  kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kegiatan belajar
2.    Mewujudkan sikap social dalam hubungan social berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kegiatan belajar
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat tentang sikap sosial dalam hubungan sosial berkenaan dengan  kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kegiatan belajar
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Sikap sosial dalam hubungan sosial berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kegiatan belajar
3.    Pemahaman agar siswa dapat memiliki sikap social dalam hubungan social berkenaan dengan kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kegiatan belajar
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laiseg
R.    Catatan Khusus    :


Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,


  
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kegiatan belajar
B.    Bidang Bimbingan    :    Belajar
C.    Jenis Layanan    :    Pembelajaran
D.    Tugas Perkembangan     :    7. Mengenal gambaran dan pengembangan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
E.    Kompetensi Dasar    :    7.3. Mewujudkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kegiatan belajar
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kegiatan belajar
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui dan memahami aspek-aspek dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar
2.    Mengetahui dan memahami cara berkomunikasi yang baik sesama teman, guru, orangtua atau orang yang lebih dewasa
3.    Mengetahui dan memahami cara menyampaikan pendapat, saran, argumrn secara logis, efektif, dan produktif
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Menjelaskan pengaruh positif aspek social dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar
3.    Menjelaskan cara berkomunikai yang baik dengan teman, guru, dalam kegiatan belajar
4.    Menjelaskan cara menyampaikan pendapat, saran, argumrn secara logis, efektif, dan produktif
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Pengaruh positif aspek social dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar
3.    Cara berkomunikai yang baik dengan teman, guru, dalam kegiatan belajar
4.    Cara menyampaikan pendapat, saran, argumrn secara logis, efektif, dan produktif
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
3.    Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia selak nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan:  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :



Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,
  
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, ekonomi dalam kehidupan karir
B.    Bidang Bimbingan    :    Karir
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    7. Mengenal gambaran dan pengembangan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
E.    Kompetensi Dasar    :    7.4. Mewujudkan sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Memahami tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
2.    Memiliki gambaran tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
3.    Pemahaman agar siswa dapat memiliki sikap-sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan karir
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......   
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati partisipasi siswa
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :


Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,
   
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Konsep system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
B.    Bidang Bimbingan    :    Pribadi
C.    Jenis Layanan    :    Pembelajaran
D.    Tugas Perkembangan     :    8. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara
E.    Kompetensi Dasar    :    8.1. Memahami pengaruh sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan pemahaman terhadap pengaruh sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui dan memahami konsep etika bagi pedoman hidup sebagai pribadi
2.    Mengetahui dan memahami nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Menjelaskan konsep etika bagi pedoman hidup sebagai pribadi
3.    Menjelaskan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Konsep etika bagi pedoman hidup sebagai pribadi
4.    Nilai-nilai bagi konsep pedoman hidup sebagai pribadi
3.    Menerapkan/mempraktekkan konsep etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
K.    Metode Kegiatan    : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan
Layanan     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan
Layanan    :    1 x 40 menit
Semester    :    I (Ganjil)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
3.    Guru mata pelajaran PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati penerapan etika dan nilai-nilai yang dijadikan pedoman hidup bagi dirinya
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :






Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,
  
SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Konsep system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga negara
B.    Bidang Bimbingan    :    Sosial dan belajar
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    8. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara
E.    Kompetensi Dasar    :    8.2. Memahami dan mewujudkan sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai anggota masyarakat dan warga negara
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan pemahaman terhadap sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga negara
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Memahami dan mewujudkan konsep etika bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga negara
2.    Memahami dan mewujudkan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga negara
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat konsep etika bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga Negara
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Konsep sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai anggota mayarakat dan warga negara
3.    Cara berkomunikasi yang baik dalam berdiskusi
4.    Cara menyampaikan pendapat, saran, argumen secara logis, efektif, daan produktif
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
3.    Guru mata pelajaran PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati sikap dan tingkah laku siswa pada saat berdiskusi
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :



Mengetahui        Palu, ………………… 200.......
Kepala Sekolah,         Guru Bimbingan dan Konseling,

SATUAN  LAYANAN  BK


A.    Judul Layanan    :    Konsep system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup dalam dunia pekerjaan
B.    Bidang Bimbingan    :    Karir
C.    Jenis Layanan    :    Bimbingan kelompok
D.    Tugas Perkembangan     :    8. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara
E.    Kompetensi Dasar    :    8.3. Memahami pengaruh sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup dalam dunia pekerjaan
F.    Kompetensi Pengemb. Diri    :    Mampu mengembangkan pemahaman terhadap sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup dalam dunia pekerjaan
G.    Fungsi Layanan    :    Pemahaman
H.    Tujuan Layanan    :   
Setelah layanan ini diberikan siswa dapat:
1.    Mengetahui berbagai etika dan nilai-nilai yang perlu dipertahankan/dikembangkan dalam dunia pekerjaan
2.    Mengembangkan sikap jujur, teliti, bertanggung jawab, kerjasama, dipercaya dalam dunia pekerjaan
I.    Sasaran Layanan    :    Kelas IX (Sembilan) jumlah siswa …….. orang
J.    Uraian Kegiatan/Materi Layanan:
-    Uraian Kegiatan
1.    Menjelaskan tujuan layanan
2.    Siswa diminta untuk duduk membentuk satu lingkaran
3.    Setiap siswa diminta memberikan pendapat konsep etika dan nilai-nilai yang perlu dikembangkan/dipertahankan dalam dunia pekerjaan
4.    Siswa yang lain memberikan tanggapan secara bergilir
5.    Setelah semua siswa sudah mengajukan pendapat, maka siswa bersama konselor membuat kesimpulan
-    Materi Layanan
1.    Tujuan layanan bimbingan
2.    Berbagai etika dan nilai-nilai yang perlu dipertahankan/dikembangkan dalam dunia pekerjaan seperti jujur, teliti, bertanggung jawab, kerjasama, dipercaya, kerja keras dan lain-lain
K.    Metode Kegiatan    : Diskusi kelompok, pemberian tugas
L.    Tempat Penyelenggaraan Lay.     :    Ruangan kelas / ruangan bimbingan kelompok
M.    Waktu Penyelenggaraan Lay.    :    1 x 40 menit
Semester    :    II (Genap)
Tahun Pelajaran    :    200....... / 200.......
N.    Penyelenggara Layanan    :    Guru Bimbingan dan Konseling
( ……………………………………….. )      
O.    Pihak-pihak yang disertai dalam penyelenggaraan layanan dan perannya:
1.    Kepala sekolah selaku penangung jawab
2.    Koordinator BK
3.    Guru mata pelajaran PKn selaku nara sumber
P.    Alat dan perlengkapan yang digunakan :  -
Q.    Rencana Penilaian    :    Melihat/mengamati respon siswa dalam mengikuti kegiatan layanan
Mengamati sikap dan tingkah laku siswa pada saat berdiskusi
    Teknik Penilaian    :    Laijapen
R.    Catatan Khusus    :


Mengetahui                                                                                Palu, ………………… 2012
Kepala Sekolah,                                                                        Guru Bimbingan dan Konseling,


                                                                                                           I WAYAN SUDAMA  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar